Coffee Toffee Experience

YIDIC

 

Kali ini ada cerita sepulang ngopi di Coffee Toffee Klampis Surabaya. Berkaitan dengan yang namanya “service excellent”. Jujur aja, walopun sebagai peminum kopi, asli jarang bgt saya kongkow di coffee shop. Maklum, tuk dompet yang masih pas-pas’an, beli kopi bubuk dan nyeduh sendiri di rumah ato mungkin sesekali ke kedai/kopitiam lebih berasahabat di kantong, hehe. Sudah jelas, mungkin karena keterbatasan budget, saya pribadi jadi gak banyak berharap bisa dapetin “suasana” dan “pelayanan prima” dari kedai yang saya kunjungi, selain nikmatnya secangkir kopi.

Cerita kali ini beda, sekali saya “benar-benar” kongkow di Coffee Toffee Klampis – saya bilang “benar-benar” karena kedatangan sebelumnya untuk pertama kali, saat itu saya belumlah seorang peminum kopi. Dengan harga yang cukup terjangkau untuk secangkir INDONESIAN specialty coffee, di situ saya bisa dapatkan kedua hal lain yang saya sebutkan tadi, the real (1) suasana coffee shop dan (2) service excellent.

Kalo suasana, saya yakin semua sepakat kafe manapun akan menyuguhkan atmosfer yang menenangkan dan berkelas. Tapi kalo ngobrolin service excellent, ato “pelayanan yang prima”, mungkin gak semua kafe bisa menyuguhkan nilai plus di dalamnya. Yang mungkin saya bisa bilang, salah satu pelayanan prima dari Coffee Toffee adalah memberikan “experience” bagi pengunjungnya.

Pertama, di sana para barista akan benar-benar membantu anda dalam memilih kopi yang tepat. Bila anda seorang peminum kopi pemula, dipastikan anda tidak akan merasa menjadi orang asing dalam lingkaran obrolan kopi, bila anda benar-benar terbuka. Ya, terbuka!… terbuka untuk tidak malu bertanya kepada barista kopi apa yang tepat untuk anda. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya apa itu espresso, machiato, latte, dll; dan apa itu klasifikasi light, medium, dan strong coffee. Mereka akan menjelaskan dengan senang hati. Karena memilih kopi yang tidak tepat bisa berbuah efek samping yang mungkin anda belum mampu menerimanya.

Konsultasi kopi yang tepat tidak hanya berlaku bagi pengunjung yang ingin menikmati kopi di lokasi. Bagi yang berminat membeli coffee bean, maupun grounded coffee bean, dengan senang hati mereka akan membantu anda memilih jenis kopi yang sesuai keinginan anda. Mau yang sedikit asam? Atau agak fruity? Body’nya lembut? Dll.

Bentuk pelayanan prima lainnya, -dan ini yang paling saya suka- akan begitu terasa bagi anda yang benar-benar passionate sama kopi. Anda bisa gali ilmu kopi dari baristanya langsung. Tanyakan secara langsung apapun yang anda ingin tahu di balik eksotisnya minuman pekat ini, dan anda akan dapatkan banyak informasi, plus antusiasme tinggi dari mereka!! Mereka akan benar-benar menganggap anda sebagai teman ngobrol yang asyik.

Saya cukup beruntung bisa dilayani oleh captaint’nya –sebutan bagi manager tim pelayanan di situ. Nick name yang tertulis di “nama dada”nya cukup bersahaja, “Pak Dhe”, itu panggilan akrabnya. Siswanto nama aslinya. Bermula dari keingintahuan jenis kopi apa yang dipake di Long Black Coffee’nya, berlanjut sharing info terkini tentang dunia kopi Indonesia, hingga buka-buka-an-nya dia menceritakan perjalanan karirnya sebagai barista professional. Dan apa yang saya bilang tadi benar adanya, saya benar-benar diperlakukan sebagai “teman ngobrol yang asyik”. Dan gak tanggung-tanggung, dengan senang hati Pak Dhe memberikan dua voucher ngopi gratis untuk saya dan seorang kawan saya. Mungkin Ron Kaufman layak menyetujui kalo saya sebut ini sebagai “UNBELIEVABLE PERCEIVED SERVICE”!!!

Service excellent, saya rasa dengan sekali anda datang ke Coffee Toffee, anda bisa langsung menemui contoh kasus nyata dari ungkapan tersebut. =)

(dimaspratama)

Tinggalkan komentar